Senin, 17 November 2008

Menjadi Manajer Bank yang lugas (asertif)

Salah satu penerapan EQ agar seorang menjadi manajer Bank yang berhasil adalah dengan melakukan sikap dan perilaku lugas (asertif). Lugas adalah perpaduan sikap dan perilaku yang luwes dan tegas. Lugas adalah kecenderungan orang yang dapat dengan bebas menyampaikan perasaan, pikiran dan keinginan kepada orang lain dan tetap menghargai serta menghormati orang lain. Selain asertif terdapat pula sikap perilaku lain yaitu agresif dan submisif dengan penjelasan sebagai berikut :
Agresif adalah kecenderungan orang yang dapat dengan bebas menyampaikan perasaan, pikiran dan keinginan kepada orang lain tetapi tidak menghargai dan tidak menghormati orang lain.
Submisif adalah kecenderungan orang yang tidak dapat dengan bebas menyampaikan perasaan, pikiran dan keinginan kepada orang lain agar dapat menghargai serta menghormati orang lain.

Sikap dan perilaku agresif, asertif dan submisif dapat dimunculkan dalam bentuk komunikasi secara verbal maupun non verbal. Komunikasi non verbal ini meliputi nada suara, intonasi suara, ekspresi wajah, tatapan mata dan gerakan tubuh. Sikap-sikap ini juga dapat dilihat pada kecenderungan seorang manajer dalam memberikan pujian atau kritikan kepada bawahan, rekan kerja maupun kepada atasannya.
Dibawah ini adalah gambaran kecenderungan tersebut :

Pada orang yang Agresif, kecenderungannya oportunis dalam memberikan pujian dan hobbi dalam meberikan kritikan.
Pada orang yang Asertif, kecenderungannya mudah dan tepat dalam memberikan pujian maupun kritikan.
Pada orang yang Submisif, kecenderungannya agak susah dalam memberikan pujian dan susah dalam memberikan kritikan.

Jika seorang manajer dapat menerapkan sikap dan perilaku asertif dalam pekerjaan dan dalam berhubungan dengan orang lain maka beberapa keuntungan akan diperoleh antara lain :
• Tidak ada kecemasan karena tercipta iklim keterbukaan.
• Meningkatkan rasa puas dan harga diri karena dapat mengutarakan keinginan dan memenuhi kebutuhan pribadi.
• Menyenangkan orang lain karena komunikasi disampaikan dengan baik.
• Memperbaiki hubungan antar manusia.




1 komentar:

  1. berikut referensi tentang berperilaku asertif :
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1240/1/10507299.pdf

    BalasHapus